K-Pop

“Stupid Cool” Dawn adalah Surat Cinta untuk Hyuna – Widi Asmoro

Widi Asmoro

MV musim panas terkadang terasa berlebihan karena mereka cenderung memiliki banyak kiasan lama yang sama dengan yang dikeluarkan orang lain pada saat yang bersamaan. Dalam “Stupid Cool,” kita melihat banyak warna dan banyak sinar matahari. Namun, Fajar menghindari kiasan seperti pantai, kolam renang, dan kegiatan musim panas lainnya. Sebaliknya, kita melihat lebih banyak energi musim panas yang diproyeksikan ke dalam MV tentang cinta Dawn untuk tunangannya, Hyuna. MV ini dipenuhi dengan referensi tentang romansa mereka, dan menggabungkan warna-warna berani dari estetika bersama mereka yang pertama kali terlihat di MV “Ping Pong”.

Selain warna-warna cerah, Dawn juga menggunakan alat peraga dan efek digital untuk membuat tema yang lebih animasi. Di awal MV, Dawn mengambil beberapa lirik secara harfiah, menghasilkan efek komik. “Aku terlahir untukmu”, rapnya, sambil menggambarkan dirinya sebagai bayi dengan dot. Kemudian, dia menari dengan karakter binatang berkostum, melambaikan tangannya dengan cepat dengan ekspresi datar. Dalam adegan lain, kita melihat Dawn menari dengan skor digital muncul di atas kepalanya seolah-olah dia sedang bermain game. Jelas bahwa, seperti yang dikatakan liriknya, Dawn tidak khawatir terlihat konyol dalam hal cinta. Efek dan alat peraga membantu menghidupkan beberapa adegan, memberi mereka daya tarik yang lebih menyenangkan dan tanpa beban.

“Stupid Cool” didedikasikan untuk Hyuna, jadi ada banyak referensi tentang hubungan mereka. Dalam salah satu set tarian Dawn, kita dapat melihat ini dicetak di seberang gedung, “LIFE0510 0+4=143.” Angka-angka, “0510”, mengacu pada tanggal ulang tahun mereka, dan “143” melambangkan “Aku mencintaimu.” Salah satu referensi yang lebih jelas adalah cincin yang muncul dari kotak cincin Dawn, yang sama dengan yang terlihat di Instagram mereka untuk pengumuman pertunangan mereka. Apalagi dengan kesuksesan kolaborasi mereka di “Ping Pong“, tampaknya Dawn tidak takut untuk melanjutkan kehidupan cintanya, karena para penggemar mereka hanya menerima saja.

Seperti biasa, Dawn memiliki rutinitas dance yang ceria dengan lagunya yang unik. Namun, untuk menggandakan faktornya yang tidak keren, penari Dawn mengenakan pakaian yang terinspirasi oleh tas plastik biru raksasa toko furnitur Swedia Ikea. Untuk pergi dengan pakaian konyol, rutinitas tarian Dawn mencakup banyak melompat, gerakan lebar, dan meniru permainan terompet. Bahkan pakaian hip-hopnya yang lain di sepanjang MV juga mencakup warna-warna cerah dan berani agar sesuai dengan tema MV. Secara keseluruhan, tema penataannya konyol dan kreatif, membuat visual yang berkesan.

Melodi bertempo sedang dari lagu ini mengingatkan pada karya Dawn sebelumnya dengan grup sebelumnya, Segi lima. Ini tidak mengejutkan, mengingat Dawn menulis beberapa lagu grup seperti “Naughty Boy.” Kini sebagai solois, Dawn tidak terlalu jauh melangkah dari melodi-melodi sebelumnya. Dia, bagaimanapun, sekarang menempatkan lebih banyak kehidupan pribadinya ke dalam liriknya. Meskipun ketukannya mungkin terdengar serupa, kejujuran Dawn—dalam hal ini, tentang bagaimana cintanya pada Hyuna terkadang bisa membuatnya merasa bodoh—adalah hal baru. Ini mungkin terlihat konyol, tetapi menyenangkan melihat pengabdian seperti itu, terutama ketika begitu banyak idola K-pop dilarang berkencan. Liriknya juga memberi kita pandangan pribadi tentang kehidupan yang dia dan Hyuna dengan senang hati berbagi dengan penggemar mereka:

Aku tidak pernah seperti ini.
Saya biasanya keren.
Tapi aku kecil saat bersamamu.
Ya, sekarang aku tahu aku hanya bisa mencintaimu
Dan tidak ada orang lain.
Namun, saya baik-baik saja dengan itu.

Secara keseluruhan, “Stupid Cool” Dawn adalah lagu yang menyenangkan dan ceria tentang cintanya dengan Hyuna dengan MV yang penuh dengan referensi romansa mereka. Dawn mendapat kesempatan untuk menjadi lebih kreatif dalam hal lemari pakaiannya, dan memiliki MV bertema animasi dan warna-warni yang sama. Tampaknya lebih cocok untuk memasukkannya ke dalam album kolaborasi sebelumnya dengan Hyuna, mengingat kesamaan estetika dan tema.

Meskipun sangat menyenangkan melihat Dawn dan Hyuna dapat berbagi cinta mereka secara terbuka, aneh bahwa kita masih belum melihat album lengkap dari Dawn sebagai solois. Sejak dia Bangsa P debut di tahun 2019, ia hanya mengeluarkan 5 single, dan satu mini album dengan Hyuna. Diskografinya kecil untuk berapa lama sejak dia debut sebagai solois. Sepertinya single digital adalah strategi P Nation untuknya, dan mungkin dia masih menguji air dengan perusahaan musik yang cukup baru. Namun, kami tahu Dawn sudah bisa mengeluarkan lagu yang bagus, jadi di sini kami berharap bisa melihatnya berkembang sebagai artis dengan album.

(Youtube. Lirik via Lyrics Kpop. Gambar via P Nation.)